Pacu Biduak: Olahraga Tradisi Sitiung


Pacu Biduak adalah sebutan masyarakat Nagari Sitiung untuk oleh raga air yang satu ini. Olah raga ini dihelat Nagari Sitiung yang di prakarsai pemuda Jorong Sitiung dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, sebagai wujud cinta Anak nagari pada NKRI. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan lomba lainnya di lapangan bola kaki Tuanku Rajo Nan Itam Jorong Sitiung.

Selain menghidupkan tradisi olahraga tradisional, kegiatan ini juga bertujuan memanfaatkan potensi aliran irigasi yang membelah Nagari Sitiung. Kedepannya direncanakan, kegiatan ini akan diagenda kan secara rutin sebagai potensi wisata Nagari.

Di Jorong lain, masih di Kenagarian Sitiung kegiatan seperti ini juga di helat tiap tahun, yaitu pada saat hari raya idul fitri. Lain halnya dengan di Jorong Sitiung, Kegiatan serupa di Jorong Pulai Nagari Sitiung di helat di tempat yang lumayan extrime, yaitu di aliran Sungai Batang Hari.

Dengan melihat antusias warga yang menyaksikan dan ikut andil dalam dua kegiatan tersebut, sangatlah memungkinkan hal ini bisa dijadikan sumber Pendapatan Asli Nagari jika di kelola dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *