Puskesmas Sitiung Peringkat Kedua Nasional

Puskesmas Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, meraih peringkat II kategori pedesaan pada ajang lomba puskesmas berprestasi tingkat nasional 2016.
Piagam penghargaan itu diserahkan langsung Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-52 di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (14/11).
“Saya berharap semua puskesmas yang ada di Dharmasraya dapat mencontoh keberhasilan Puskesmas Sitiung, baik dalam segi pelayanan maupun program pemberdayaan masyarakat,” kata Kepala Dinas Kesehatan setempat Erina Di Pulau Punjung, Selasa.
Ia mengatakan pencapaian prestasi ini tidak terlepas dari komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan terutama di puskesmas.
Mengingat puskesmas merupakan ujung tombak untuk pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, lanjutnya.
Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan harus memberi pelayan optimal kepada masyarakat, baik sebagai pelayanan kesehatan maupun pemberdayaan masyarakat.
“Selain mengobati, mencegah, dan merawat warga yang sakit, puskesmas juga harus berperan dalam kegiatan posyandu, UKS, nagari sehat, dasa wisma, dan program pemberdayaan lainnya,” ungkapnya.
Ia menerangkan, beberapa indikator penilaian dalam lomba puskesmas berprestasi, diantaranya manajemen puskesmas meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengorganisasian, serta pemantauan, pengawasan dan pertanggung jawaban.
Kemudian pengelolaan keuangan, SDM, obat, alat kesehatan, lingkungan, sarana prasarana pendukung, pelayanan yang bermutu, keterlibatan lintas sektor, dan pemberdayaan masyarakat.
Dan inovasi-inovasi pelayanan untuk mencapai target program yang telah ditetapkan.
Sementara, Kepala Puskesmas Sitiung Dwinanda Elmira mengaku bangga atas capaian tersebut. Kedepan pihaknya akan terus berupaya memberikan pelayanan prima sehingga kualitas hidup masyarakat semakin meningkat.
Untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat, ia menyampaikan telah memberikan pelayanan sesuai dengan standar operasional prosedur.
Sumber: www.antarasumbar.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *